Laman

Senin, 03 Juni 2013

Pengertian dan Latar belakang Imu Budaya Dasar

Pengertian Ilmu Budaya Dasar
ilmu budaya dasar merupakan ilmu yang mempelajari tentang nilai-nilai, kebudayaan, dan berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-hari. IBD diharapkan dapat membuka pengetahuan kita terhadap masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Istilah Ilmu budaya dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari bahasa Inggris “The Humanities”. Adapun istilah Humanities berasal dari bahasa latin Humanus yang bisa diartikan manusia, berbudaya dan halus.
Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa devinisi kebudayaan
1.      Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam
2.      Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran
3.      Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi
4.      Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat, budaya daerah dan budaya nasional

                       
 Latar Belakang Ilmu Budaya Dasar
Secara sederhana, Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah sosial manusia dan dengan pengaruh kebudayaannya. Istilah llmu Sosial Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris "The Humanities". Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dan bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi (bersosialisasi), lebih berbudaya dan lebih halus.
Pada jalur yang searah, sejak tumbuhnya ilmu pengetahuan sosial yang mempunyai obyek studi kehidupan masyarakat, maka sejak itu pula studi masalah sosial mulai dilakukan. Dari masa ke masa para sosiolog mengumpulkan dan mengkomparasikan hasil studi melalui beragam perspektif dan fokus perhatian yang berbeda-beda, hingga pada akhirnya semakin memperlebar jalan untuk memperoleh pandangan yang komprehensif serta wawasan yang luas dalam memahami dan menjelaskan fenomena sosialnya.tukang yang bisamengisi birokrasi mereka dalam bidang admnistrasi, perdagangan, teknik dankeahlian-keahlian lain demi lancarnya usaha mereka dalam mengeksploitasikekayaan Negara kita. Dewasa ini kita dihadapkan kepada tiga masalah yang selalu berkaitan yaitu :
1. Suatu kenyataan bahwa Indonesia terdiri dari suku-suku bangsa.
2.Pembangunan telah membawa perubahan pada masyarakat  
3.Kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi massa dalam transportasi


Nilai Kehidupan atau Nilai Moral

Daya kreatifitas yang kami ambil adalah tentang puisi dan musikalisasi yang bertemakan Manusia dan Tanggung Jawab yang kami kutip salah satunya dari lagu Melly Goeslow berjudul Bunda. Dan disertai dengan membacakan sepucuk surat dari orang tua yang kami kutip dari youtube.
Berikut lirik lagu Bunda yang kami nyanyikan:

Ku Buka Album Biru
Penuh Debu Dan Usang
Ku Pandangi Semua Gambar Diri
Kecil Bersih Belum Ternoda

Pikirkupun Melayang
Dahulu Penuh Kasih
Teringat Semua Cerita Orang
Tentang Riwayatku

Reff#
Kata Mereka Diriku Slalu Dimanja
Kata Mereka Diriku Slalu Dtimang

Nada Nada Yang Indah
Slalu Terurai Darinya
Tangisan Nakal Dari Bibirku
Takkan Jadi Deritanya

Tangan Halus Dan Suci
Tlah Mengangkat Diri Ini
Jiwa Raga Dan Seluruh Hidup
Rela Dia Berikan

BACK TO REFF

Oh Bunda Ada Dan Tiada Dirimu
Kan Slalu Ada Di Dalam Hatiku


Nilai Kehidupan dan Nilai Moral

Nilai keidupan dan nilai moral yang kami ambil dari kreatifitas yang kami tampilkan yaitu Manusia dan Tanggung Jawab. Dimana kami menampilkan nyanyian yang berjudul Bunda. Dimana di lirik tersebut seorang ibu merawat anaknya dengan penuh kasih sayang dan tulus. Dan anak tersebut mengingat kembali perjuangan ibunya kepadanya. Dan dari sepucuk surat yang kami bacakan dimana sang ibu memohon kepada anaknya untuk sabar menghadapi orantuanya ketika orangtuanya tua nanti. Bersedia mengurus ibunya ketika ketika tua nanti, itulah tanggung jawab seorang anak kepada orangtuanya dan kurang lebih tanggung jawab tanggung jawab orangtua kepada anaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar